Mencari yang dicari

Mencari adalah suatu kegiatan yang entah disadari atau tidak, selalu dilakukan setiap hari. Mencari adalah rutinitasku. Tak pelak, capek kadang tak dihiraukan. Menurutku mencari membuatku sampai pada titik menjadi pribadi yang semakin mengerti hidup. Bahwa hidup butuh untuk diperjuangan. Bahwa hidup ini indah apabila kita menikmati setiap prosesnya. Bahwa hidup juga tak dimungkiri kadang membuat kita putus asa dan ingin terbang saja kelangit luas, mencari kenyamanan, menjauh dari setiap beban yang begitu mencekam. Namun pada akhirnya terbang adalah khayalan belaka.

Аpa yang dicari 
Sesungguhnya yang dicari adalah proses menemukan tujuan hidup. Menemukan kebahagiaan lahiria dan batinia. Mencari kemudian menemukan hasilnya. Sampai suatu ketika hidup tak lagi mencari karena terbatas pada waktu. Waktu yang hanya sampai pada titik tertentu untuk berjuang menjalani setiap proses hidup. Berhenti mencari karena waktu telah habis dan tersisa hanya memori yang mungkin akan diingat atau bahkan cepat dilupakan oleh orang-orang yang masih mencari.

Selama menjalani proses mencari itu, maka hendaklah untuk bekerja keras, bersungguh-sungguh, sabar, setia, bertanggung jawab, jujur, dan berserah pada sang Maha Pemberi Hidup. Agar kelak ketika sampai pada waktunya telah dicukupkan masa pencarian itu, ada secercah harapan yang bisa berguna untuk orang lain. Ada sedikit makna yang tersimpan di dunia yang boleh menjadi berkat dalam setiap pencarian manusia-manusia yang  masih mencari. 

Harapannya dengan adanya contoh yang baik yang diukir dalam setiap detik proses pencarian, setiap orang yang mengalaminya boleh merasakan perubahan hidup yang lebih baik selama proses pencariannya juga. Melengkapi setiap kekurangan yang ada padanya dan menjadi pribadi yang lebih baik setiap waktunya. Bahkan jika orang-orang pada generasi yang ditinggalkan telah habis masa pencariannya pula maka ada lebih banyak lagi contoh yang baik yang bisa ditinggalkan untuk generasi pencari berikutnya.

Maka, selamat mencari, selamat berjuang..
Semoga kita diberikan waktu yang panjang untuk mencari dan menemukan tujuan hidup dan  banyak berguna untuk siapa pun juga.
#Oktoberpenuhharapan
 









Komentar

Postingan populer dari blog ini

RuBI Toraja: Guru Aktif, Kolaboratif dan Kreatif

Kedelapan yang Pertama

Keluh kesah