GOALS

Jiwa raga penuh syukur. 2020 di depan mata. 5W1Hmu apa?

Diri ini menyadari, tak ada yang bisa mengubah diri selain diri sendiri. Orang lain bisa saja menjadi mentor, inspirator, super hero untuk mu, tapi tidak ada yang dapat menggantikan kekuatan dari kemauan diri untuk mau bangkit, belajar dan bertumbuh.

Jika ditanya apa Goalsmu di 2020, pertanyaan 5w1h langsung terngiang di kepala. Kalau mampu menjawabnya, berarti tujuan yang ingin dicapai di 2020 benar-benar sudah matang.

Biasanya, di tahun-tahun sebelumnya, ada banyak sekali resolusi dicatat dalam buku kecil yang disimpan dalam pouch kecil. Buku itu suka dibawa ke mana-mana walaupun tidak pernah dibaca juga. Sayang, resolusi seringnya hanya jadi pameran dalam lembaran buku-buku,  hmm rupanya penempatan resolusinya selalu di luar kepala. Tak pernah benar-benar ada dalam kepala untuk dipikir dan  diusahakan lebih keras.

Mengawali tahun 2020 tak ada lagi buku kecil. Yang ada buku besar, semoga dipergunakan oleh jiwa yang besar untuk mau belajar dan bertumbuh untuk diri dan orang lain, paling tidak orang-orang terdekat. Tentunya dibarengi usaha yang tidak lagi setengah-tengah.

Jika kukatakan diri mau menjadi orang yang lebih baik, rasanya tidak pas jika tidak mengetahui dasarnya dulu mau melakukan apa untuk menjadi baik, bukan? Untuk itulah hadir pertanyaan di awal tadi

Kata Butet Manurung; Belajar dulu baru Mengajar. 
Iman Usman selalu bilang; pay it forward di setiap hal yang kamu kerjakan.
Ikbal Hariadi dalam buku bertumbuh: "Orang baik tak pernah hanya cukup menjadi baik. Karena orang baik harus menjadi lebih baik"

Tahu tidak? Sering-sering merefleksi diri sangat baik sekali untuk lebih mengenal siapa diri kita, kata seseorang beberapa waktu lalu.

Dari sana, diri ini benar-benar mengalaminya, menyatuh dengan segala kondisi diri, kejadian, atau apapun yang terjadi. Lalu, lihatlah kembali pada diri setelahnya, ia akan menjadi pribadi yang lebih tangguh dan tahu tujuan hidupnya.

Jadi kalau ditanya, Goals 2020 apa?
Diri tersebut akan menjawab menjadi pribadi yang lebih banyak bersyukur, lebih bermanfaat dan lebih baik (jangan lupa tanyakan padanya 5w1h) dan pay it forward. 

Semoga. Amin

#temannulis
#30haritemannulis
#goals











Komentar

Postingan populer dari blog ini

RuBI Toraja: Guru Aktif, Kolaboratif dan Kreatif

Kedelapan yang Pertama

Keluh kesah